Macam - Macam Pensil untuk Menggambar dan Melukis

suryadint.blogspot.com

Pensil tidak hanya sekedar alat untuk menulis catatan, merancang bentuk, atau mengisi lembar jawaban pilihan ganda, tapi sebuah pensil lebih dari itu pemanfaatanya. Dalam dunia seni, pensil dapat dijadikan alat untuk membuat karya yang bernilai.
Mungkin anda sudah menebaknya bahwa lukisan yang indah dan mengagumkan bisa diciptakan menggunakan pensil. Bagi anda yang sudah mengetahui akan hal tersebut, atau bahkan juga sedang menekuni hobi dunia drawing pencil, saya hanya ingin sedikit berbagi kepada rekan sahabat semua bahwa ada karya lain yang dapat kita ciptakan dengan pensil selain menggoreskannya ke kertas kosong. Apa itu?, Berikut penampakannya :

suryadint.blogspot.com
source : daltonghetti.com


Ternyata ujung atau isi dari sebuah pensil bisa diukir. Ada orang gila yang bisa melakukan hal ini, dia bernama Dalton M. Ghetti asal Brasil.
Menurut saya ini memang luar biasa, meruncingkan ujung pensil secara normal menggunakan peraut pensil saja terkadang saya sering mendapati ujungnya patah, sedangkan seniman satu ini mengukir abjad, binatang, rantai, bahkan wajah manusia pada isi dari pensil.. wah ini keren.
Tapi, untuk kali ini bukan tentang Dalton Ghetti atau cara mengukirnya yang akan saya bahas.
Silahkan kunjungi saja Websitenya jika anda penasaran atau bahkan ingin membeli hasil karyanya : www.daltonghetti.com.
Karena pada kali ini saya akan mencoba mengulas macam-macam pensil yang digunakan untuk menggambar atau melukis.
Ini saya rangkum berdasar pengetahuan pribadi, jadi mohon maaf jika ada yang kurang pas. :D.

Tapi sebelumnya mari kita cari tahu mengenai apa itu pensil?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia : Pensil adalah sebuah alat tulis berupa kayu kecil bulat berisi arang keras. Namun dewasa ini, isi pensil terbuat dari campuran berbagai macam bahan mulai dari grafit murni, arang, tanah liat, lilin, dll.
Jadi kesimpulannya pensil adalah suatu bahan kering yang dapat meninggalkan noda atau bekas jika kita menggoreskannya ke atas media, dan bahan tersebut dapat dimodifikasi sedemikian rupa sesuai kebutuhannya. Lalu komposisi campuran bahan-bahan tersebut dibalut dengan suatu material tujuannya agar bahan tersebut bisa kita gunakan dengan mudah tanpa meninggalkan noda ditangan yang menggenggamnya, materialnya dapat berupa kayu, kertas, metal, dll.

Baca Juga : Pensil dan Kertas yang digunakan Dirk Dzimirsky untuk Menggambar (Lakukan Seperti yang Dilakukan Dirk Dzimirsky)

Nah, berdasarkan pengertian diatas, saya akan coba membagikan macam-macam bahan (kering) yang dapat digunakan untuk membuat gambar atau lukisan. Tentunya yang sudah dikemas atau dibalut dengan material sehingga mudah untuk digunakan, dalam hal ini yaitu berarti PENSIL.
Oke langsung saja mari kita mulai pembahasan mengenai macam-macam pensil untuk melukis atau menggambar, berikut daftarnya :


1. Pensil Kayu.

Pensil ini adalah pensil yang banyak di gunakan secara umum. Bentuknya bulat panjang terbuat dari kayu dengan mata pensil di tengah, dan dapat di raut atau diruncingkan menggunakan rautan.
Namun mata pensilnya beragam, ada yang berisi grafit, arang, kapur, atau bahkan dengan berbagai macam campuran bahan.
Pensil kayu juga terdapat banyak sekali variannya,diantaranya :

- Pensil grafit :

Grafit adalah komposisi molekul karbon murni yang lunak. Grafit berasal dari perkataan Yunani graphein, yang berarti menulis.
Nah, ini adalah yang paling sering kita temui, saya rasa semua orang pernah mengggunakan pensil kayu jenis ini. Dari kecil saat belajar menulis kita sudah menggunakannya, namun tahukah anda bahwa pensil grafit yang kita gunakan selama ini ternyata memiliki kelas atau nilai yang beragam?.
Ya, pensil jenis ini memang memiliki banyak nilai, jadi pensil ini tidak hanya memiliki nilai 2B saja.
Berikut gambaran nilai nya :


source : google images

Semakin tinggi nilai B maka semakin Lunak dan Pekat hasil goresannya, semakin tinggi nilai H maka semakin Keras dan Terang hasil goresannya.
Semua perbedaan itu dipengaruhi oleh bahan campuran yang menyusun inti pensil.
Campuran terdiri dari grafit dan tanah liat dengan perbandingan tertentu.
Kadar grafit yang tinggi menghasilkan mata pensil yang lunak sehingga goresan yang dihasilkan hitam pekat. Sebaliknya, kadar tanah liat yang tinggi menghasilkan mata pensil yang keras dan goresan yang terang.
Tentu ini sangat berguna untuk orang-orang yang hobi menggambar, macam nilainya bisa digunakan untuk menentukan nilai gelap maupun terang bayangan sebuah gambar atau lukisan.
Dan sejauh yang saya ketahui, Pensil grafit ini beredar dengan berbagai macam merk, diantaranya adalah :
Castell9000 (Faber-Castell), Mars Lumograph (Staedtler), Derwent Graphic (Derwent), Martol (Maries), Art Design (Lyra), Hardtmuth Toison D'or (Koh i Noor), Kimberly (General's Pencil), Graphite (Conte A Paris), Turquoise, Sketching, Design, Ebony (Prismacolor), Mono100 (Tombow), Bianyo, dll


suryadint.blogspot.com
source : google images



- Pensil Charcoal / Arang:

Bentuk media seni kering yang terbuat dari bahan-bahan organik ditumbuk halus yang dipadukan bersama bahan pengikat (lilin, dll), yang juga dapat diproduksi tanpa menggunakan pengikat dengan menghilangkan oksigen dalam bahan selama proses produksi.
Bahan-bahan organik tersebut bisa berupa arang kayu, batu hitam, dll. Salah satu produk yang menggunakan batu hitam adalah produk dari Conte A Paris dimana jelas tertuang pada nama pensilnya yaitu Pierre Noire yang dalam bahasa perancis berarti Batu Hitam.
Selain diproduksi dalam bentuk batangan (woodless), arang juga diproduksi dalam bentuk pensil.
Media ini banyak digunakan untuk membuat sketsa dalam ukuran besar atau media yang membutuhkan garis sketsa yang kuat, seperti kanvas.
Media ini sangat disenangi pelukis dalam membuat sketsa sebab sketsa yang dihasilkan sangat jelas.
Merk-merk yang beredar :
PITT Charcoal (Faber-Castell), FUSAIN-CHARCOAL (Conte A Paris), Charcoal (Derwent), Tinted Charcoal (Derwent), Charcoal/ Charcoal White (General's Pencil), Peel & Sketch Charcoal (General's Pencil), Rembrant Charcoal (Lyra), Charcoal/ReissKohle (Cretacolor), Pierre Noire (Conte A Paris), Charcoal (Caran d'Ache), Charcoal (Prismacolor), dll.
suryadint.blogspot.com
source : google images



- Pensil Karbon :

Sepertinya media ini adalah paduan antara grafit dan arang. Tapi entahlah, yang jelas banyak produsen selain memproduksi pensil grafit dan charcoal (arang), juga memproduksi pensil jenis karbon. Itu berarti pensil karbon ini memang berbeda dari pensil grafit maupun arang. Macam-macam merk pensil Carbon adalah :
Carbone (Conte A Paris), Wolf Carbon (Wolf), Rembrant Carbon (lyra), Mars Micro Carbon (Staedtler), dll.

suryadint.blogspot.com
source : google images



- Pensil Warna :

Selain pensil grafit, pensil warna juga merupakan pensil yang sering digunakan, terutama oleh adik-adik kecil yang sedang belajar mewarnai gambar. Namun pensil warna juga cukup banyak digunakan oleh para seniman untuk kekaryaan.
Pada dasarnya alat warna ini adalah pengembangan dari pensil grafit, pensil warna berbahan dasar campuran antara pigmen warna (organik dan anorganik), kaolin, carboxy methyl cellulose, wax, dan surfactant.

a. Pensil Warna Classic / Umum

Pensil jenis ini yang umum dijumpai, pensil ini murni untuk menggambar teknik arsir dan ada juga beberapa yang memadukan dengan teknik blend, atau mencampur. Mencampur bukan berarti dengan menambahkan media lain, tetapi mencampur atau menghaluskan dengan cara digosok menggunakan tissue, kapas, blending stumps, dll hasil dari arsiran tadi agar lebih menyatu.
Pensil ini banyak beredar dengan berbagai macam jenis dan merk, dari yang biasa hingga premium.
Berikut macam-macam merk pensil warna :
Classic Color, Polychromos (Faber-Castell), Luna, Ergosoft (Staedtler), Coloursoft, Studio, Artist, Drawing (Derwent), Hardtmuth Polycolor (Koh i Noor), Premier Soft Core Colored Pencils (Prismacolor), dll.


suryadint.blogspot.com
source : google images




b. Pensil Warna Aquarel / Watercolor

Pensil jenis ini dapat dicampur dengan air, caranya setelah pensil selesai diarsir, hasil arsir dapat disapu dengan kuas yang telah dibasahi dengan air.
Media kertas yang digunakan pun harus yang sesuai untuk teknik gambar ini, karena jika menggunakan kertas tipis biasa kertas akan robek karena basah. Jadi anda dapat mencari kertas jenis Watercolor yang memiliki ketebalan disesuaikan dengan media basah.
Macam-macam merk pensil warna watercolor:
Watercolor Parrot, Albrecht Durer (Faber-Castell),Noris Club, Karat Aquarell (Staedtler), Rembrat Aquarell (Lyra), Watercolor (Derwent), Watercolor (Prismacolor), Watercolour pencils / Crayons Aquarelle (Conte A Paris), dll.
suryadint.blogspot.com
source : google images




- Pensil Pastel :

Pastel sendiri tersedia dalam beberapa jenis, yaitu Pastel Lunak, Pastel Keras, Pastel Minyak, dan Pastel Pensil. Masing-masing memiliki karakteristik yang unik.
Namun sesuai judulnya yang akan lebih dikedepankan adalah mengenai Pensil Pastel.

Pensil pastel adalah pensil berbahan dasar kapur dengan campuran pigmen lembut yang terbungkus kayu, pensil pastel sangat berguna bagi seniman yang ingin membuat karya lukisan yang lebih detail tetapi memerlukan hasil yang lembut khas pastel, ujung pensil dapat memberikan detail dengan lebih mudah tanpa harus mengotori tangan dari debu.
Sebagian besar pensil pastel bebas minyak, sehingga pensil pastel merupakan pelengkap sempurna yang dapat dikombinasikan dengan pastel lunak dan pastel keras.
Macam-macam merk pensil pastel :
PITT Pastel (Faber-Castell), CarbOthello Pastel (Stabilo), Pastel (Derwent), Rembrant Polycolor (Lyra), Pastel (Conte A Paris), dll

suryadint.blogspot.com
source : google images


- Pensil Blender :

Pensil blender adalah pensil tanpa warna yang lembut, terbuat dari bahan pengikat yang digunakan untuk pensil warna. Kegunaannya adalah untuk mencampur dua atau lebih warna sehingga tercipta warna baru. Pada saat yang sama secara fisik membantu mencampur dan menghaluskan hasil arsir. (medialukis.co)
Merk-merk pensil blender :
Blender (Derwent), Colorless Blender (Prismacolor), Rembrant Splender (Lyra), dll.

suryadint.blogspot.com
source : google images



- Pensil Burnisher :

Adalah pensil tanpa warna yang cukup keras yang saat dipakai diatas lapisan pigmen menjadikan tampak selesai seperti dipoles. Burnisher mendorong pigmen kedalam kertas dan meninggalkannya tercampur rata seperti foto. (medialukis.co)
Merk pensilburnisher : Burnisher (Derwent).
suryadint.blogspot.com
source : google images



2. Pensil Mekanik

Pensil mekanik adalah alat tulis yang memiliki alat mekanik didalamnya untuk mengatur pengeluaran isi dan isi atau mata pensil dapat diisi ulang.
Pensil ini tanpa perlu diraut, cukup tekan saja bagian atasnya maka ujung pensil akan keluar. Bentuknya mirip ballpoint (pulpen/pena), biasanya material bahannya berupa plastik dan metal.

suryadint.blogspot.com


Pensil ini asik untuk menggambar detail seperti helai rambut, kumis dan jenggot. Dalam dunia manga ataupun Komik mungkin sangat diperlukan. Asiknya lagi pensil ini memiliki berbagai macam ukuran diameter mulai dari : 0.3 mm, 0.5 mm, 0.7 mm, dan 0.9 mm.
Namun yang mudah ditemukan adalah yang berdiameter 0.5 mm.
Jadi jika anda kehabisan isi dari pensil mekanik ini, cukup beli isi ulangnya saja tanpa harus membeli rangkanya. Dan pastikan anda membeli rangka dan isi yang memiliki diameter yang sama ya.
Nilainya setahu saya cukup terbatas yaitu HB, B, 2B dan 4B. Dan yang paling umum dan mudah ditemukan adalah 2B dengan berbagai macam merk, salah satunya Faber-Castell. Dan untuk 4B saya baru menemukan dengan merk Pentel. 

suryadint.blogspot.com



3. Pensil Dermatograph


Dermatograf adalah jenis pensil dengan inti tebal dan diselimuti gulungan kertas yang menggantikan kayu yang biasa digunakan di pensil biasa. Awalnya digunakan untuk menulisi kulit, namun kemudian juga populer untuk menulisi kaca, keramik, logam, vinil, selofan, hingga plastik. Pensil ini tidak perlu diraut, cukup dengan merobek kertas pembungkusnya sedikit demi sedikit. Karena tidak diraut, biasanya ujungnya tumpul (wikipedia).
Ya, pensil ini juga bisa digunakan untuk berkarya, dengan beberapa pilihan warna anda dapat menuangkan ide-ide kreatif anda ke atas media yang anda inginkan. Karena pensil ini dapat digoreskan pada kaca mungkin anda dapat menggambar pada kaca mobil anda, hehe :D.
Beberapa merk diantaranya adalah Mitsubishi dan Joyko

suryadint.blogspot.com


Sekian Artikel saya mengenai macam-macam pensil yang biasa digunakan untuk menggambar atau melukis, dan juga sedikit penjelasan mengenai apa itu pensil.
Semoga dapat memberikan wawasan baru akan dunia seni anda.
Jika ada hal yang kurang pas, atau hal yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar anda dibawah, mari kita diskusi :).
Terimakasih, salam seni.

0 Response to "Macam - Macam Pensil untuk Menggambar dan Melukis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel