Tutorial Bagaimana Cara Mendaftar Shutterstock Dengan Baik dan Benar Agar Diterima



Update terbaru bulan agustus 2018, pendaftaran kontributor shutterstock tidak lagi memerlukan paspor. Tapi proses pendaftaran masih sama seperti isi artikel, yaitu terdiri dari 2 tahap.
Prosesnya setelah tahap satu, tepatnya pada saat selesai mengisi data alamat, halaman upload paspor sudah dihilangkan, jadi bisa langsung ke tahap 2 yaitu upload karya untuk ditinjau. Atau rekan-rekan bisa langsung membaca artikel terbarunya disini : http://www.surtan.id/2018/08/cara-mendaftar-shutterstock.html


Shutterstock adalah salah satu dari sekian banyak agensi microstock. Menurut banyak pengalaman teman-teman kontributor, agensi Shutterstock adalah agensi favorit untuk menjual karya. Karena dari sekian banyak agensi, Shutterstocklah yang boleh dibilang memberikan pemasukan paling tinggi dan stabil diantara agensi lainnya. Ya, saya juga merasakannya, tapi saya rasa gak melulu Shutterstock yang nomor satu. Bisa saja berbeda, begitu kamu yang menjalaninya, karena memang rejeki tiap-tiap orang berbeda baik jalan maupun besarannya.
Dan Shutterstock juga jadi salah satu agensi yang menerapkan syarat cukup sulit bagi calon kontributor yang akan bergabung. Shutterstock mewajibkan kamu memiliki Paspor untuk mendaftar, selain itu kamu juga harus lolos dalam peninjauan karya.
Intinya syarat menjadi kontributor shutterstock adalah profil dan file harus di setujui.
Buat kamu yang ingin menjadi kontributor Shutterstock kamu wajib memiliki paspor, kalau belum punya ada baiknya bikin paspor terlebih dahulu. Mungkin dilain kesempatan surtan akan membuatkan artikelnya tentang cara membuat Paspor.

1. Pengenalan Sistem Pendaftaran

Pendaftarannya terdapat dua tahap, Pertama kamu harus memasukkan data profil berupa nama,email, alamat dll. Kedua kamu mengajukan file untuk ditinjau kelayakannya, apakah karya kamu layak dijual atau tidak. Tips singkatnya :
  1. Tahap Pertama : Data pendaftaran harus diisi dengan teliti dan benar.
  2. Tahap Kedua : Upload file yang siap dijual untuk ditinjau. Filenya bisa berupa vector, foto, dan video footage (Saran sebelum mendaftar kamu harus menyiapkan terlebih dahulu file nya).

2. Persiapan

Pertama : Siapkan foto paspor pribadi (sebagai validasi bahwa kamu adalah warga negara indonesia).
Kadua : Email aktif (untuk berinteraksi dengan pihak agensi).
Ketiga : File yang siap dijual (untuk ditinjau pihak agensi apakah filenya layak jual atau tidak, saran : siapkan lebih dari satu file karya, 10 file lebih baik).

1. Scan atau foto paspor di bagian ini :
paspor untuk daftar shuttertock
2. Email aktif, jika belum punya silahkan buatlah email, wajib!. Bisa di Gmail, Yahoo, iCloud, Outlook.
3. File yang siap jual. Bisa vector, foto, atau footage video.
vector siap upload
Penjelasan mengenai vector yang diterima serta persiapan untuk upload di shutterstock bisa cek artikel berikut : Membuat Vector Yang Diterima Shutterstock dan Agen Microstock Lainya - Bermicrostock dengan Inkscape

3. Proses Pendaftaran

Kunjungi link berikut, Daftar Kontributor Shutterstock.
Link tersebut adalah link referal, jika kamu merasa artikel-artikel tentang bisnis microstock ini bermanfaat. Silahkan mendaftar dengan link tersebut atau kamu bersedia menjadi kontributor Shutterstock atas rekomendasi saya. Tidak ada sedikitpun kerugian buat kamu, justru dengan mendaftar lewat link tersebut kamu bisa benar-benar mendapatkan panduan, kamu bisa tanya apapun yang ingin kamu tanyakan selama berkaitan dengan topik microstock (Dan selama dalam batas wajar). Jadi jangan ragu untuk mendaftar, kalo kamu memang benar-benar berminat untuk menjual bakat kamu, talenta kamu dalam membuat karya-karya hebat.

Begitu halaman awal Shutterstock Kontributor terbuka, klik "Sign up now"
daftar kontributor shutterstock


1. Pendaftaran Tahap Pertama
Ini merupakan syarat pertama menjadi kontributor, kamu harus mengisi data pendaftaran dengan benar dan cocok dengan data paspor yang diajukan.
Setelah klik Sign up now selanjutnya muncul halaman pendaftaran awal, yang berisi tentang keterangan umum seperti nama dan data login.
  1. Isi nama lengkap sesuai dengan yang tertera pada paspor.
  2. Isi nama tampilan kamu.
  3. Isi email aktif.
  4. Isi kata sandi minimal 8 karakter terdiri dari angka, huruf besar kecil, dan simbol.
  5. Klik centang setuju.
  6. Klik Next.
pendaftaran awal : pengisian nama dan data login
Setelah itu kamu akan mendapati perintah untuk memverifikasikan email yang baru saja kamu gunakan untuk mendaftar : "please check your email to verify your account".
Buka email kamu dan pilih email terbaru dari Shutterstock Contributors, dan segera klik link verifikasi yang dikirim oleh pihak Shutterstock. Linknya berupa tulisan "Please click here to verify your email". berwarna biru.
Setelah kamu klik, kamu akan dibawa ke halaman pemberitahuan yang menunjukkan bahwa email kamu berhasil diverifikasi, "Thanks your email has been verified!". Dan klik "Next".

Lanjut ke pengisian data pendaftaran yang berisi alamat lengkap.
  1. Pilih "Country" sesuai yang tertera pada paspor.
  2. Isi alamat lengkap berupa nama jalan, nomor rumah, dan kecamatan.
  3. Isi nama kabupaten atau kota.
  4. Isi kode pos.
  5. Isi nama provinsi.
  6. Isi nomor handphone.
  7. Centang kalau alamat surat menyurat juga sama dengan alamat rumah.
  8. Klik Next
pendaftaran awal : pengisian alamat lengkap
Dan kemudian lanjut ke penegasan bahwa data-data yang kamu isikan adalah benar, maka dari itu kamu diharuskan mengupload sebuah foto dokumen identitas, yaitu berupa paspor yang sebelumnya sudah kamu persiapkan. Di halaman ini tertulis "Your identification must be issued by the same country as your residental address", jadi pastikan pengisiaan data alamat sebelumnya sudah cocok dengan data paspor yang akan kamu ajukan.
Kamu bisa mengupload foto paspor kamu dengan klik "Choose file", atau "Drag and drop".
upload paspor
Proses upload selesai dan masih di halaman yang sama akan ada pemberitahuan foto bukti identifikasi berhasil diupload : "Your identification has been successfully uploaded.". Dan klik "Continue". Dan verifikasi paspor memerlukan waktu kerja 1 sampai dengan 3 hari.

2. Pendaftaran Tahap Kedua
Setelah mengisi data pendaftaran serta mengajukan dokumen paspor untuk ditinjau, kamu juga harus menjalani peninjauan yang kedua. Yaitu karya yang akan kamu jual di shutterstock harus lolos dan layak.
Penjelasan mengenai vector yang diterima serta persiapan untuk upload di shutterstock bisa cek artikel berikut : Membuat Vector Yang Diterima Shutterstock dan Agen Microstock Lainya - Bermicrostock dengan Inkscape
Disini kamu bisa upload sampai dengan 10 karya, pastikan semuanya adalah file terbaik menurutmu. Seandainya banyak dari karya kamu ditolak, tapi ada satu saja karya yang di approved. Maka pendaftaran tahap kedua ini kamu bisa lolos, dan bisa meng-upload ulang karya yang ditolak dengan merevisinya terlebih dahulu sesuai dengan alasan penolakan yang diberikan oleh tim review shutterstock. Kalo kamu sudah siap, segera upload.
upload karya di shutterstock
Untuk panduan mengenai cara uploadnya kamu bisa simak video yang tersedia dibawah postingan, bagian upload berada di menit 4:17 sampai dengan menit 10:47.
Setelah kamu "Submit" karya-karya kamu, maka kamu akan menuju kehalaman yang memberitahukan bahwa karya kamu berhasil di submit, dengan notif "Content submitted!". Selang beberapa saat dibagian atas ada notif lagi berisi "Good work - your submission is being reviewed. Once the review is complete, you can submit more content". Yang artinya kamu bisa mengupload karya lebih banyak lagi setelah pendaftaran serta karya kamu sudah direview dan diterima.

4. Pendaftaran Selesai

Setelah semua tahap kamu selesaikan dengan yakin dan optimis, kini kamu tinggal berdoa berharap pendaftaaran kamu bisa sepenuhnya diterima. Agar kamu bisa menjadi kontributor shutterstock sepenuhnya.

5. Pemberitahuan

Tunggu 1 sampai dengan 7 hari untuk mengetahui apakah pendaftaran kamu diterima atau ditolak.
Pemberitahuan pertama yang akan kamu dapat melalui email adalah Pemberitahuan tentang hasil review karya, dan yang kedua adalah pemberitahuan tentang hasil review data pendaftaran apakah sesuai dengan keabsahan paspor.
approval shutterstock
Kalau kamu mendapati dua email pemberitahuan seperti daiatas, itu berarti pandaftaran kamu berhasil diterima. Kamu telah resmi menjadi kontributor shutterstock dan diperbolehkan mensubmit karya lebih banyak lagi. Maka beberapa saat lagi kamu akan menerima email pemberitahuan yang ketiga yaitu email yang berisi tentang ucapan selamat karena kamu telah bergabung dalam komunitas illustrator, fotografer, dan seniman global yang dinamis.
approval shutterstock final

6. Atur Metode Pembayaran

Jangan lupa untuk mengatur informasi pembayaran yang sesuai, apakah kamu ingin menerima pembayaran dengan metode melalui Check, Payoneer, Paypal, atau Skrill. Juga minimum payoutnya, saran saya atur saja ke yang paling minim yaitu $35.
Menu tentang detail pembayaran ini bisa kamu temukan di "Account setting" dibagian kanan atas pada icon nama kontributor.
Informasi pembayaran
Sedang metode payment yang paling umum digunakan teman-teman kontributor shutterstock adalah melalui paypal. Untuk kamu yang belum mempunyai rekening online paypal, kamu bisa cek artikel saya sebelumnya tentang cara membuat paypal tanpa kartu kredit.

Sekian tutorial Bagaimana Cara Mendaftar Shutterstock Yang Baik Dan Benar Agar Diterima.
Artikel ini juga tersedia dalam bentuk video, kamu bisa langsung saksikan dengan menekan icon play dibawah ini. Jangan lupa like, subscribe dan share ya, terimakasih.



0 Response to "Tutorial Bagaimana Cara Mendaftar Shutterstock Dengan Baik dan Benar Agar Diterima"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel