Cara Mengisi Keyword di Microstock dengan Mudah dan Cepat

Setelah sekian lama menjalani profesi sebagai seorang freelancer microstcok dengan mengikuti tahap demi tahap pada artikel-artikel yang ada pada blog Surtan.id. Mungkin sobat sudah bisa memahami pola kerjanya, menikmati tiap proses kreatifnya, sampai kemudian "mulai" merasakan kejenuhan akan "Proses Keywording". Gimana nggak, setiap upload 1 karya sobat harus memberi judul yang spesifik dan juga keyword sebanyak 50 kata pada karya tersebut, semua dalam bahasa inggris. Terus gimana kalau sobat mampu meng-upload puluhan karya dalam sehari?
Berapa banyak keyword yang harus sobat masukkan?
Masih melakukan keywording secara manual dengan cara diketik satu persatu?
Dan lagi itu dilakukan setiap hari demi meningkatnya hasil penjualan microstock?
Duh gak kebayang deh gimana dengan para microstocker senior bisa melakukan kegiatan membosankan ini sampai bertahun-tahun.
Nah, dimulai dari sebuah pertanyaan yang seperti itulah seharusnya kita mulai aktif mencari jawaban, apakah memang benar mereka melakukannya seperti itu?. Ternyata tidak, ada cara keywording yang  praktis, yang justru menjadikan proses keywording menjadi lebih menyenangkan. Ya, memberi keyword dengan maksimal 50 keyword tiap satu karya gak harus diketik satu-persatu. Contoh : (illustration, animal, wild, jungle, scary, lazy, bored, died, wkwkwk).
Dengan bantuan sebuah software, memberi keyword pada karya bisa menjadi lebih mudah dan cepat. kok bisa? mungkin dengan sobat menyimak langkah demi langkahnya bisa membuat sobat jadi paham dengan cara kerjanya dan memutuskan untuk ikutan menggunakan. Berikut tutorialnya :

1. Download Xpiks
Kunjungi www.xpiksapp.com, dan langsung cari menu download, kalau sudah ketemu downloadlah sesuai dengan sistem operasi komputer sobat.
Download xpiks

2. Jalankan Xpiks
Cari hasil download yaitu Xpiks.zip, kemudian ekstrak. Selanjutnya cari file xpiks.exe dan jalankan file tersebut dengan cara double klik. Setelah beberapa saat akan keluar jendela "Terms and Condition", klik agree dan kamu akan diberi sedikit preview tentang sesuatu yang baru pada aplikasi xpiks, kamu juga bisa skip menu ini.
Jalankan xpiks
3. Mulai Keywording
Masukkan karya yang akan diberi deskripsi dan keyword dengan cara klik add files. Cari dimana file yang akan diupload ke microstock berada, setelah ketemu pilihlah hanya file *JPG saja tanpa eps. Bisa memasukkan hanya satu karya, atau sekaligus banyak.
Disini kamu langsung bisa memberi judul, deskripsi, dan keyword.
Beri judul dan deskripsi dalam bahasa inggris yang sesuai atau yang mendeskripsikan karya kamu, kalau sudah bisa lanjut ke bagian keyword. Nah disini kamu bisa gunakan fitur "suggest keyword", fitur ini memberi kamu keyword dari karya orang lain yang sudah terupload di agen-agen microstock, bisa dibilang co-pas.
Suggest keyword xpiks
Tentunya keyword yang diambil adalah keyword dari karya yang juga sejenis dengan karya kamu, caranya dengan memasukan judul karya juga memilih jenis karya dan agensi pada fitur pencarian. Begitu Karya-karya sudah tampil, pilih karya yang satu tema atau satu konsep dengan karya milikmu. Maka di bagian samping pada jendela "Suggested keywords" akan mucul banyak keyword, klik "add suggested" untuk menggunakan keyword.
Suggested keyword xpiks
Dan kamu gak harus mengambil semua keyword tersebut, kamu bisa seleksi keyword mana yang cocok mana yang tidak. Kemudian bisa menambahkan lagi beberapa keyword sampai jumlah keyword genap menjadi 50. Tentu ini jauh lebih praktis dibanding mengetik keywordnya satu persatu.
Kalau sudah kamu bisa menambahkan lagi keyword untuk karya-karya yang lain.

4. Selesai
Proses keywording dengan xpiks sudah selesai, sangat mudah dan cepat kan?. Tapi tunggu dulu, jangan lupa disimpan hasil keywordingnya, dengan cara centang karya yang akan disimpan, kemudian klik save di bagian atas, lalu start export. Dan file *JPG dari karya kamu sudah berhasil diberi judul dan keyword. Nah file *JPG ini yang nantinya akan dibaca saat terupload di agensi microstock, jadi saat akan submit karya, kolom-kolom keywording seperti judul dan keyword  sudah terisi. Kamu hanya tinggal memilih kategori dari karyanya sebelum kemudian disubmit.
Save keywording xpiks
Gak cukup sampai disini sob, kelebihan xpiks yang lain adalah bisa untuk upload. Setelah selesai keywording karya-karya ini bisa langsung diupload ke berbagai agen sekaligus, yup dengan sekali klik tombol upload karya atau stock nya bisa langsung terupload ke banyak agensi yang kamu inginkan. Tapi sebelum itu perlu sedikit penyesuaian dulu tentang pengaturannya, nah tutorialnya akan saya coba jelaskan di artikel selanjutnya yah.

5. Versi video
Artikel ini juga tersedia dalam versi video, buat kamu yang punya banyak kuota dan pengen lebih cepat paham bisa langsung saksikan di video berikut, atau bisa kunjungi channel youtube "surtan".


Terimakasih banyak telah membaca artikel ini.

0 Response to "Cara Mengisi Keyword di Microstock dengan Mudah dan Cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel