Cara Upload Vector Ke Berbagai Agensi Sekaligus dengan Sekali Klik


Setelah berhasil mengisi metadata judul dan keyword file preview (.jpg) dengan menggunakan aplikasi Xpiks seperti yang sudah dijelaskan pada post sebelumnya https://www.surtan.id/2018/12/cara-mengisi-keyword-di-microstock.html. Maka selanjutnya kamu tidak harus langsung menutup aplikasi ini, karena aplikasi Xpiks ini juga bisa kamu gunakan untuk mengupload file tersebut langsung ke agensi-agensi yang kamu inginkan. Dengan sedikit pengaturan yaitu dengan memasukan data login FTP tiap-tiap agensi, maka setelahnya kamu bisa menguploadnya dengan sekali klik dan karya tersebut sudah terupload sekaligus ke agen-agen yang kamu pilih. Pengaturan input data login FTP ini cukup kamu lakukan sekali di awal.
Sebelum lanjut ke cara pengisian data login FTP nya, kamu perlu memenuhi syarat berikut agar proses upload berjalan dengan sukses.

1. Syarat
Syarat pertama adalah internet kamu harus stabil agar proses transfer dari hardisk PC ke database agensi tidak terhambat, dan yang kedua adalah cara penamaan file. Jadi sebelum kamu menambahkan file pada Xpiks untuk memberi keyword dan lalu mengupload nya, pastikan file tersebut memiliki nama file dengan tanpa spasi, contoh :
Penamaan file tanpa spasi
*Update : Selain spasi, nama file juga tidak boleh ada tanda titik kecuali tanda titik pada ekstensi, contoh penamaan yang salah : 099.Zombie_pumpkin.jpg yang benar adalah 099_Zombie_pumpkin.jpg

2. Persiapan
Pastikan file-file kamu sudah siap untuk diupload atau artinya judul dan keyword file yang kamu masukan sudah benar-benar matang. Kemudian beri centang di kotak kecil di bagian samping kiri atas tiap file. Kalau sudah klik tombol upload yang bergambar icon awan dengan panah ke atas
Centang dan klik upload

3. Menambahkan data login FTP
Setelah klik upload maka akan tampil jendela baru, kemudian klik lah "add new". Dan disampingnya akan aktif baris menu yang harus kamu isi, seperti Title, Host, Username, dan Password.
Isi data FTP
  • Title : pada baris ini kamu bebas memberi nama, tapi untuk memudahkan berilah nama sesuai nama agensi yang akan kamu masukkan.
  • Host : adalah alamat khusus dari tiap-tiap agensi untuk fitur upload secara ftp (file transfer protocol)
  • Username dan password : nama pengguna dan juga sandi yang dibutuhkan untuk dapat masuk ke fitur upload secara ftp.

4. Mendapatkan data FTP
Untuk mendapatkan alamat Host, data Username dan juga password kamu harus login ke akun kontributor di tiap-tiap agensi dan menuju ke menu upload. Seperti contohnya pada agen shutterstock, data ini bisa kamu dapat di halaman upload dan di bagian bawah ada tulisan "Got videos or a lot of images? Please upload using FTP" dan klik lah "learn more".
Maka muncul seperti ini :
Ftp shutterstock
Dan data FTP di agensi-agensi lainnya juga tidak jauh berbeda dengan shutterstock, rata-rata data ftp tersedia pada halaman upload. Silahkan sobat-sobat cari sendiri data tersebut dan pastikan data-data ftp ini tetap rahasia. Kemudian masukan data-data tersebut sesuai dengan menu seperti pada point nomor 3 diatas. Sobat bisa masukan data ftp ini untuk banyak agensi sekaligus, selama agensi tersebut mendukung fitur upload via ftp. Untuk menguji datanya sudah benar atau belum, dibagian bawah ada tombol "test connection", kliklah tombol tersebut kalau berwarna hijau berarti data yang dimasukkan sudah benar dan bisa digunakan untuk proses upload.

Untuk gambaran, kurang lebihnya seperti inilah tampilan Xpiks saya setelah selesai dimasukkan data ftp dari tiap agensi :
Contoh 5 agensi sudah berhasil dimasukkan
*Tambahan
Khusus untuk Adobestock karena sistem uploadnya yang mengharuskan File eps dan jpg di bungkus ke file .zip, maka pada menu pengisian silahkan sobat klik tab "advanced", dan centang pada pilihan "Zip vector with preview".
Zip vector with preview
Kalau sobat masih kebingungan dengan cara pengisian data ftp ini, maka ada baiknya sobat menyimak tutorial ini dalam versi video yang sudah saya sertakan di bawah post.

5. Sekali klik
Setelah selesai memasukan data-data FTP tiap agensi yang kamu inginkan, kini tiba saatnya ke bagian yang paling menyenangkan, yaitu "klik manja".. hahahaha. dengan sekali klik "start upload" maka file yang sudah kamu beri judul dan keyword langsung diupload ke agensi-agensi yang kamu inginkan secara sekaligus. Caranya cukup centang agensi-agensi yang kamu inginkan, dan klik start upload.
Sekali klik upload kesemua
6. Siap submit
Begitu proses upload sudah selesai 100% semua, maka selanjutnya kamu boleh menutup aplikasi Xpiks, dan kemudian masuk ke akun-akun kontributor satu persatu untuk mencari file yang baru saja terupload dan men-submitnya secara manual. Tapi sebelum itu jangan lupa beri kategori terlebih dahulu, dan begitu seterusnya sampai ke semua akun-akun kontributor dimana kamu telah menguploadnya.
Submit manual di tiap akun
7. Selesai
File berhasil disubmit untuk direview oleh tiap agensi, selanjutnya sembari menunggu hasil review.  tentu saja produksi karya-karya baru lagi untuk diupload. :)

Nah, untuk sobat yang punya banyak kuota silahkan saksikan saja tutorial ini dalam versi video :


Terimakasih banyak telah membaca artikel ini.

2 Responses to "Cara Upload Vector Ke Berbagai Agensi Sekaligus dengan Sekali Klik"

  1. Halo, file yang diterima Xpiks apakah hanya .JPG saja? Terus file .EPSnya bagaimana, pakah harus upload manual?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Edwin, betul., deskripsi dan keyword akan hanya tertanan pada meta data file JPG saja. Kalau uploadnya langsung dg Xpiks maka eps nya otomatis juga akan keupload, karena itulah syarat penamaan antara JPG dan EPS harus sama

      Delete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2